19/06/12

SPEKTROFOTOMETRI

Spektrofotometri adalah ilmu yang mempelajari tentang penggunaan spektrofotometer. Spektrofotometer adalah alat yang terdiri dari spektrofotometer dan fotometer. Spektofotometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur energi secara relative jika energi tersebut ditransmisikan, direfleksikan, atau diemisikan sebagai fungsi dari panjang gelombang. Spektrofotometer menghasilkan sinar dari spectrum dengan panjang gelombang tertentu, dan fotometer adalah alat pengukur intensitas cahaya yang ditransmisikan atau yang diabsorpsi.

Spectrum


Spektrofotometri UV-Vis adalah anggota teknik analisis spektroskopik yang memakai sumber REM (radiasi elektromagnetik) ultraviolet dekat (190-380 nm) dan sinar tampak (380-780 nm) dengan memakai instrumen spektrofotometer. Spektrofotometri UV-Vis melibatkan energi elektronik yang cukup besar pada molekul yang dianalisis, sehingga spektrofotometri UV-Vis lebih banyak dipakai untuk analisis kuantitatif dibandingkan kualitatif.

Pada analisis kualitatif dengan metode spektrofotometri UV-Vis yang dapat ditentukan ada 2 yaitu :
1.         Pemeriksaan kemurnian spektrum UV-Vis.
2.         Penentuan panjang gelombang maximum.

Syarat senyawa yang dapat diukur oleh spektrofotometri:
·      Harus berbentuk larutan
·      Senyawa harus memiliki gugus kromofon, gugus pembawa warna
·      Memiliki ikatan rangkap terkonjugasi.

Analisis kuantitatif dengan metode spektrofotometri UV-Vis dapat digolongkanatas tiga macam pelaksanaan pekerjaan yaitu:
1.      Analisis kuantitatif zat tunggal (analisis satu komponen).
2.      Analisis kuantitatif campuran 2 macam zat (analisis 2 komponen).
3.      Analisis kuantitatif campuran 3 macam zat (analisis multi komponen).

INSTRUMENTASI
Instrument yang dugunakan untuk mempelajari serapan atau emisi radiasi elektromagnetik sebagai fungsin dari panjang gelombang disebut “spectrometer” atau spektrofotometer. Spektrofotometer terdiri dari spectrometer dan fotometer. Spektrofotometer menghasilkan sinar dari spectrum dengan panjang gelombang tertentu dan fotometer adalah alat pengukur intensitas cahaya yang ditransmisikan atau yang diarbsorbsi.
Jadi, spektrofotometer digunakan untuk mengukur energi secara relatif jika energi tersebut ditransmisikan, direfleksikan atau diemisikan sebagai fungsi dari panjang gelombang.


Kelebihan spektrofotometer dibandingkan dengan fotometer adalah panjang gelombang dari sinar putih dapat lebih terseleksi dan ini diperoleh dengan alat pengurai seperti prisma, grating, ataupun celah optis.

Pada fotometer filter, sinar dengan panjang gelombang yang diinginkan diperoleh dengan berbagai filter dengan berbagai warna yang mempunyai spesifikasi melewatkan trayek panjang gelombang tertentu. Pada fotometer filter tidak mungkin diperoleh panjang gelombang yang benar-benar monokronmatis, melainkan suatu trayek panjang gelombang 30 – 40 nm. Sedangkan pada spektrofotometer panjang gelombang yang benar-benar terseleksi dapat diperoleh dengan bantuan alat pengurai cahaya seperti prisma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar